28/09/08

Pesan dari Rumi

Aku mati sebagai mineral
dan menjelma sebagai tumbuhan
aku mati sebagai tumbuhan
dan lahir kembali sebagai binatang.
Aku mati sebagai binatang dan kini manusia.
Kenapa aku harus takut?
Maut tidak pernah mengurangi sesuatu dari diriku.
Sekali lagi,aku masih harus mati sebagai manusia

dan lahir di alam para malaikat.
Bahkan setelah menjelma sebagai malaikat,aku masih harus mati lagi
Karena, kecuali Tuhan,tidak ada sesuatu yang kekal abadi.
Setelah kelahiranku sebagai malaikat

aku masih akan menjelma lagi dalam bentuk yang tak kupahami.
Ah, biarkan diriku lenyap,memasuki kekosongan, kasunyataan
Karena hanya dalam kasunyataan itu terdengar nyanyian mulia;

"Kepada Nya, kita semua akan kembali"

Sebuah syair dr Rumi, yg menurut ku memiliki kedalaman makna dan pencerminan ketinggian ilmu sang penyair, kalimat-kalimat yg ia tuliskan menggambarkan kehidupan manusia, sebuah makna hakikat diri manusia, dr yg paling lemah sampai yag paling mulia, dan pada dasarnya bhwa hanya Allah SWT lh yg memiliki semua keabadian tersebut...
Proses2 seperti yg digambarkan Rumi melalui syairnya diatas, yg harus dilewati manusia dalam hidupnya ketika ingin menemukan hakikat-Nya. Selama proses itu berlangsung. cinta, kesadaran, kepasrahan dan keyakinan adalah modal dalam perjalanan untuk menuju-Nya. dr syair diatas, inilah yg disebut Rumi dgn Tajalli dengan Tuhan, sebuah proses peleburan manusia dari titik awal fitrah yang paling lemah dan rendah sampai pada kesiapan menapak sebuah status yg mulia kemudian tetap sadar dibarengi dgn kepasrahan bahwa itu hanyalah kepemilikan-Nya, sehingga kekosongan yg sejati siap diisi dgn cahaya ke-Ilahian, maka tiada lain Dia-lah hakikat kosong dan isi, tiada beda antara keduanya, yg ada dan nyata hanyalh pancaran-Nya...Wallahu a’alm bish-showab
"Aku sadar ini hanyalah sebagian kecil dr percobaanku utk menangkap dan memahami dr ribuan kalimat pusaka ar-Rumi..dan ini pun jauh dr kesempurnaan penafsiran, yg pasti 'mencoba' adalah hal pertama yg harus dilakukan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar