20/01/09

Kenangan (lari dr Kematian) & Harapan (impian utk Keabadian) (FOTO)


Untuk foto ini (dua sejoli sedang mengabadikan kemesraan mereka d sebuah kawah indah di Ciwide), saya ingin mencoba utk berbincang dlm perbincangan sebuah mitos keseharian dlm setiap pertanyaan yg muncul di setiap diri manusia ktk mengabadikan moment2 pribadi yg berhrga mnrt mereka..

Dlm foto ini, mitos disni dimengerti sbg sebuah pemaknaan subjektif ats tindakan mereka ktk mengabadikan sbh moment dlm menjwab pertanyaan2 keseharian akan diri mereka sendiri. saya sebagai pihak diluar dr mereka, mencoba memberikan interpretasi pemaknaan dlm sistem pertama yaitu tanda denotatif (sprt yg di bicarakn dlm sistem pemaknaan Roland barthes), setelah moment ini terabadikan maka saya secara bersamaan berada pada konotatif sign, dimana wacana sbh "mitos" itu terlahir dlm pemaknaan ini. Bagi saya foto ini memiliki pesan sbh mitos keseharian hidup. ketika mereka mengabadikan moment yg berharga ini, pd saat itu mereka membangun sebuah mitos ttg kenangan (takut akan kematian) juga sekaligus ttg harapan (keabadian moment2). Dua dlm kesatuan waktu yg bersamaan antara kenangan sekaligus jg harapan (dua sisi mata uang dlm lempengan koin yg bersamaan). Ya.. kemarin adalah "kenangan" hari ini dan esok hari adalah "harapan" di hari ini

"Kenangan", ya.. mereka sadar bhw hari (moment) trsbt akan mjd kenangan di hari esok, dlm pemaknaan lain, bhw mereka sebenarnya jg takut akan "kematian". kematian dr sebuah ingatan akan moment2 indah yg pernah mereka lakukan berdua. mereka tdk ingin hal indah itu hilang begitu saja tanpa ada ingatan yg disimpan di saat2 yg akan datang. Kemudian disaat waktu yg bersamaan pula bahwa mereka pun membangun mitos akan sebuah "harapan" yg tdk lain adalah keinginan akan "keabadian" dr moment indah trsbt, dimana apabila dikemudian hari (waktu akan datang), mereka berdua atau salah satu dr mereka berpisah atu masih tetap bersama, setelah melihat foto trsbt dpt ber-"harap" kembali mengenang jelas kenangan indah masa lalu tersebut dan sekaligus ber-imajinasi memutar kembali waktu yang telah lampau itu agar dpt berada kembali pada moment2 indah tersebut (dgn melihat kembali foto trsbt!), inilah yg saya mksd dgn "keabadian". inilah bagi saya pesan yg tersimpan dlm sebuah foto yg memberikan kpd manusia dlm memberikan jawaban2 akan keseharian mereka.

Disini pula mitos terlihat memiliki sebuah definisi baru sprt yg dikatakan Urban : bhw mitos adalah "cara utama yg unik untuk memahami realitas". jg Horkheimer bhw "Pd hakikatnya usaha manusia rasional adalh mitos, sbb usaha mnusia rasional tdk dpt berdiri sendiri, tdk otonom, tdk dpt mengenal dirinya sendiri: usaha manusia rasional itu terjd, ada n mengenal dirinya hanya berkat dan di dlm mitos. dgn kata lain, usaha manusia rasional itu niscaya atau tdk dpt tidak adalah mitos itu sendiri". dan hubungannya dgn fotografi adalah bhw foto sbg medium dlm dunia fotografi, adalah menjadi alat berkembang, pendukung dan ber-semayamny mitos keseharian manusia. Entah mitos mjd sebuah sikap manusia dlm "pelarian dr kenyataan" dan mencari "persembunyian dlm dunia khayal" mereka. yg pasti itulah mitos sbg alat manusia rasional dlm memberikan jawabn dr setiap pertanyaan dlm keseharian mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar